http://picasion.com/

Sabtu, 29 Januari 2011

OLIMPIADE OLAH RAGA SISWA NASIONAL ( O2SN ) 2011

O2SN,..Sungguh suatu agenda yang sangat menggembirakan bagi semua sekolah terutama guru Penjas Orkes yang peduli dan mau menunjukan bahwa semua materi yang di berikan telah bener bener tuntas.Mengapa demikian...? karena semua guru Penjas tentunya telah membuat SKBM ,dan di RPP tentunya juga sudah menyebutkan Tujuan Pembelajaran yang ingin di capai. Nah ,...bila dalam semester ganjil kemarin menyatakan seluruh materi yang telah disampaikan telah tuntas maka saatnya ketuntasan itu di tunjukkan dengan mengikuti seluruh nomor yang di pertandingkan dalam O2SN 2011,
yang sudah di jadwalkan : Tingkat Kabupaten Maret 2011, Provinsi Mei 2011. Lalu apa hubunganya ketuntasan dalam memberikan materi pelajaran dengan O2SN....? Mari kita lihat persamaannya.Kita ambil contoh :  Dalam RPP Bola Voli seorang guru membuat Tujuan Pembelajaran : Di harapkan : 1.siswa dapat melakukan pasing bawah dengan baik dan benar, 2.Siswa dapat melakukan pasing atas dengan baik dan benar,3.Siswa dapat melakukan smash dengan baik dan benar,..4. Siswa dapat melakukan servis bawah dengan baik dan benar, 5. siswa dapat melakukan servis atas dengan baik dan benar,  6.siswa dapat melakukan blok ( membendung ) dengan baik dan benar,  7. Siswa dapat bermain bola voli dengan peraturan yang di modifikasi. Mari kita simak dan kita pelajari "APABILA DALAM SEMESTER GANJIL KEMARIN TIDAK ADA SEORANGPUN YANG MENDAPAT NILAI KURANG DARI SKBM" artinya guru menyatakan tuntas!!!!!!!! Untuk menciptakan tim bola voli dalam O2SN kita cuma membutuhkan 9 siswa putra dan 9 siswa putri, dan kita butuh siswa yang bisa pasing atas dan bawah,bisa smash,bisa servis, bisa blok, bisa bermain bola voli dengan peraturan PBVSI, Nah kebutuhan kita untuk membentuk tim sudah tercukupi dengan ketuntasan yang di nyatakan oleh seorang guru penjas di sekolah manapun!!!!!Nah,... dari satu contoh RPP bola voli yang di buat oleh guru penjas dan sudah di nyatakan tuntas oleh guru penjas maka tidak ada kesulitan untuk membentuk tim bola voli yang cuma terdiri dari 9 putra dan 9 putri.dari 900 siswa ataupun 300 siswa. Tapi kenyataanya banyak guru penjas yang sudah tersertifikasi tidak ikut ambil bagian dalam agenda yang sangat bagus untuk kita yang berbasic Guru Penjas dengan argumen : tugas guru bukan membentuk atlit,cuma menyampaikan meteri!benar memang yang di argumentasikan mereka ,....Tetapi kembali ke Tujuan Pembelajaran yang mereka buat...? dan mereka nyatakan tuntas,.....sungguh tidak masuk akal bila tak bisa menyumbangkan anak berbakat untuk agenda O2SN,,,? atau ketuntasan yang mereka nyatakan cuma kebohongan belaka untuk mendukung tuntutan sekolah SSN..,dengan SKBM 7,0 atau 8,0.????.cuma Allah yang Mengetahui. Mengapa demikian,...? Karena kebutuhan untuk membentuk TIM ternyata sama persis dengan Tujuan Pembelajaran yang dibuat dan ingin dicapai oleh guru penjas di Sekolah manapun.. BETUL TIDAK,...?????? marilah guru penjas yang sudah tersertifikasi dan bergelar S.Pd jangan berbohong tentang ketuntasan atau .... mari ikut andil dalam agenda O2SN khususnya dan menyumbangkan calon atlit  untuk bangsa dan negara pada masa selanjutnya.Jayalah guru penjas,majulah olahraga Indonesia.dan TETAPLAH MENJUNJUNG TINGGI SPORTIFITAS. Adapun agenda yang di pertandingkan dan di lombakan di Kabupaten Lumajang :
1. Atletik ( lari 60 m,lompat jauh, Tolak peluru, lempar lembing ) 2 putra, 2 putri
2. Renang ( 50 m gaya dada, bebas, punggung, kupu kupu ) 1 putra , 1 putri
3. Pencak silat ( seni ) 1 putra , 1 putri
4. Bulu tangkis ( tunggal ) 1 putra , 1 putri
5. Bola basket 3 on 3 , 4 putra, 4 putri ( 3 INTI  1 CADANGAN )
6. Bola voli , 9 putra, 9 putri. ( 6 INTI 3 CADANGAN )
    DENGAN KETENTUAN USIA  : KELAHIRAN 1 JANUARI 1997 DAN SESUDAHNYA.  
    DI BUKTIKAN DEGAN AKTE KELAHIRAN TERBITAN PALING BARU 31 DESEMBER 2009.

1 komentar:

M. Nur's Blog mengatakan...

1. Atletik ( lari 60 m,lompat jauh, Tolak peluru, lempar lembing ) 2 putra, 2 putri
2. Renang ( 50 m gaya dada, bebas, punggung, kupu kupu ) 1 putra , 1 putri
3. Pencak silat ( seni ) 1 putra , 1 putri
4. Bulu tangkis ( tunggal ) 1 putra , 1 putri
5. Bola basket 3 on 3 , 4 putra, 4 putri ( 3 INTI 1 CADANGAN )
6. Bola voli , 9 putra, 9 putri. ( 6 INTI 3 CADANGAN )Sorry sepertinya ada perubahan deh pada semua cabang, kecuali Renang, maaf yah ?

Posting Komentar

Search